Memimpikan Stadion Baru

Oleh : Mizwar Affandi



Foto : @stadium.football

Stadion merupakan salah satu aspek terpenting dalam sepak bola. Stadion bisa di artikan sebagai bangunan yang sakral & tempat spesial. Bahkan belakangan ini, stadion juga disebut sebagai tempat ibadah untuk kalangan pemain & supporter. Peran penting Stadion juga merupakan salah satu penyumbang terbesar pendapatan utk club. Di Indonesia sendiri stadion mempunyai arti yg lebih, yaitu “Nyawa” bagi club  itu sendiri. walau realitanya utk saat ini, tak satu pn klub di negri ini yg mempunyai kepemilikan stadion secara pribadi.
Kota Medan sendiri, yg merupakan kota terbesar ketiga di negri ini, juga mempunyai stadion, yaitu stadion Teladan. Stadion Teladan juga pernah di sebut sebagai stadion termegah dimasanya. Satu level dibawah GBK. Suatu kebanggaan tersendiri utk warga medan (dimasa itu). Tahun 1996, stadion uzur ini juga pernah di datangi klub asal Italia, Samdoria yg di perkuat Roberto Mancini saat itu. Dan itu hanya sebuah cerita manis dr stadion kebanggaan kota medan yg akan masuk dlam catatan sejarah sepakbola kota Medan.
Di masa sekarang, Teladan hanya terlihat sebagai stadion yg bisa dibilang apaadanya. Tidak mempunyai daya tarik tersendiri. Walau Teladan pernah direnovasi (2012) tak juga memuaskan hati warga Medan, terkhusus bagi penggila PSMS itu sendiri. Hasilnya, jauh dr kata megah dan layak utk berlaga di kasta tertinggi. Minimnya perawatan Teladan sungguh membuat hati perih. Bangku - bangku VIP mulai berantakan bahkan hilang, atap tribun tertutup mulai lepas lapangan yang tidak merata dan beberapa bagian lainnya yg memprihatinkan.
Mungkin para pejabat / petinggi daerah kita bisa (mau) belajar dr daerah2 lain yg mulai memajukan kotanya melalui olahraga dgn membangun sarana dan prasarana olahraga. Lihatlah Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Sleman dan kota lainnya yg mempunyai historis di persepakbolaan Indonesia sudah mempunyai stadion yg layak bakan berlabel Internasional.

Kota Medan sendiri yg pernah menjadi barometer sepakbola nasional masih nyantai dgn keterbelakangannya. Mau sampai kapan begini trus wahai tuan. Apa nunggu sumut terpilih menjadi tuan rumah PON..? apakah kalian tw, menunggu adalah hal yg paling membosankan..? begitu juga kami, yg bosan dengan tak adanya pergerakan dari kota ini. Tidakkah kalian tw, Bung Karno mempunyai hasrat tersendiri dlm membangun kompleks olahraga senayan (GBK) dengan menjadikan Gelora Bung Karno sebagai permatanya Indonesia, agar Indonesia TIDAK DIPANDANG SEBELAH MATA OLEH BANGSA LAIN. Berkacalah dr proklamator tersebut.
Ketahuilah, stadion tak melulu ttg sarana olahraga saja, terdapat sisi komersil yg sangat tinggi di dalamnya. Seperti penjualan marchendaise resmi (megastore), tour stadion bahkan museum kesebelasan, dsb. PSMS Medan adalah salah satu klub perserikatan yang mempunyai sejarah panjang di sepakbola nasional. History yg dimiliki sang Kinantan inilah yg menjadi daya jual dr segi komersil (Museum) maupun wawasan utk ank cucu nanti. Aghh,, bangganya anak medan apabila itu terealiasasi.
Memasuki babak 8 besar Liga 2,. sudah jelas PSMS menargetkan kompetisi teratas sbg target. Ketentuan menjadi peserta utama di kasta tertiggi adalah Stadion yg layak Yang telah di verifikasi oleh pihak terkait. Bagaimana dgn kesiapan std yg dimiliki PSMS saat ini..?? heheeee... Apa mau jadi tim musafir yg berpindah2 home base. Tentu kerugian besar klo itu terjadi. Dlm opini aku, cukuplah di tahun 2008 PSMS Menjadi tim musafir yg selalu berpindah homebase. Mulai dr menyewa std siliwangi, jakabaring n GBK. Betapa kecewanya ank2 Medan yg tak bisa mendukung secara langsung club kebanggaannya tersebut dikotanya. Dalam beberapa waktu kemarin, rumput std. Teladan sedang dalam proses pembongkaran akan tetapi dalam hematku sudah saatnya kota ini mempunyai stadion baru yang representatif. Kebutuhan ini tidak mungkin ditunda – tunda lagi demi kemajuan olahraga dan prestasi atlet kota Medan / Sumut.
Maka dr itu, besar harapan ank2 medan khususnya para penggila PSMS, para pejabat daerah dpt membuka mata akn hal ini. Dimulai dengan cara mendatangkan investor yg mau bekerja sama dgn pihak pemerintahan atau dgn cara yg sebagaimana baiknya agar kota ini mempunyai stadion yang representatif. Memiliki stadion yang sangat representatif, sangat penting bagi perkembangan kota Medan. Sangat malu rasanya tim sebesar PSMS Medan tidak mempunyai stadion berskala nasional / internasional. Tak usah megah yang penting ada dan mudah untuk digunakan.
Berdirinya stadion baru nanti, bukan hanya sebagai homebase club lokal, tp lebih sebagai gelanggang timnas Indonesia berlaga di level internasional. Anak - anak Medan juga ingin mendukung timnas Indonesia secara langsung di kota kelahirannya. Gak hanya melulu main di pulau jawa yg sudah menjadi prioritas.
Salam Sada Roha!!
PSMS Las Ni Rohaku...!!

Comments